PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 4-6 TAHUN UNTUK MENGGAMBAR BENTUK BANGUN DASAR MELALUI INTERVENSI MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN PLAYDOUGH

Main Article Content

Iis Suwanti
Kurnia Indriyanti Purnama Sari

Abstract

Anak usia pra-sekolah merupakan masa kritis dalam pembentukan sumber daya yang berkualitas. Pada masa ini anak memerlukan aktivitas seperti bermain sambil belajar karena anak dapat memperoleh pembelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif (kemampuan anak untuk memahami sesuatu), afektif (kemampuan anak dalam berekspresi), dan psikomotor (perkembangan anak dalam mengontrol gerakan-gerakan tubuh yang terkordinasi antara saraf pusat dan otot). Dalam kegiatan bermain, anak tidak terlepas dari kegiatan yang memerlukan keterampilan motorik hal ini menunjukkan betapa pentingnya perkembangan fisik anak, dimana keterampilan motrik ini meliputi motorik kasar dan motorik halus. Keterampilan motorik sangat diperlukan bagi anak sehingga anak mampu melakukan aktivitas secara mandiri. Fakta dilapangan seringkali ditemukan anak usia prasekolah yang tidak mampu melewati tahapan perkembangan motorik harus karena kurangnya stimulasi yang didapatkan selama masa pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan transfer IPTEK pemanfaatan playdough untuk meningkatkan kemampuan anak usia prasekolah dalam menggambar bentuk bangun dasar. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui metode edukasi dan pendampingan. Dari hasil analisis data didapatkan adanya peningkatan kemampuan anak usia prasekolah dalam menggambar bentuk bangun dasar yang semula sebagian besar memiliki kemampuan kurang dalam menggambar bentuk bangun dasar turun sebanyak 8 anak, yang memiliki kemampuan cukup dalam menggambar bentuk bangun dasar yang semula hanya 2 anak naik menjadi 8 anak, serta yang semula tidak ada yang memiliki kemampuan baik dalam menggambar bentuk bangun dasar naik menjadi 2 anak. Playdough merupakan alat permainan edukatif yang dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi beragam aspek pertumbuhan pada anak usia sekolah dimana salah satunya adalah motorik halus. Dengan tercapaian tahapan perkembangan motorik halus sesuai dengan tahapan usia, maka anak usia prasekolah akan mampu mandiri dan lebih siap untuk masuk dalam dunia pendidikan

Article Details

How to Cite
Suwanti, I., & Sari, K. I. P. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 4-6 TAHUN UNTUK MENGGAMBAR BENTUK BANGUN DASAR MELALUI INTERVENSI MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN PLAYDOUGH. Masyarakat Mandiri Dan Berdaya, 3(5), 50-60. Retrieved from http://lppmdianhusada.ac.id/e-journal/index.php/mbm/article/view/404
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)