EFEKTIVITAS PEMBERIAN HEALTH EDUCATION TENTANG TARIAN TEPUNG SELACI PUPUT TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA SISWA
Main Article Content
Abstract
Cuci tangan enam langkah merupakan salah satu upaya prefentif untuk menghindari terjadinya infeksi pada anak. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk memastikan anak dapat melakukan cuci tangan enam langkah dengan cara melakukan transfer iptek kepada anak dengan cara health education menggunakan tarian tepung selaci puput. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis health education tentang tarian tepung selaci puput efektif terhadap perilaku cuci tangan pada siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhsinun Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Jumlah sampel yang diambil seluruh siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhsinun Mojokerto sebanyak 70 siswa dengan menggunakan tehnik total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan checklist, setelah data-data terkumpul kemudian dilakukan analisa data dengan cara editing, coding, scoring, tabulating, dan yang terakhir dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdiri dari 2 kelompok dengan jumlah 70 responden didapati hasil akhir data pre dan post yang signifikan pada kelompok A berjumlah 37 responden yang diberikan health education dengan metode tarian tepung selaci puput sebesar 0,058. Sedangkan hasil akhir data pre dan post pada kelompok B yang berjumlah 33 responden yang tidak diberikan intervensi tidak signifikan dengan jumlah sebesar 0,046. Hasil penelitian ini menemukan bahwa health education tentang tarian tepung selaci puput efektif terhadap perilaku cuci tangan pada siswa kelas 3 Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhsinun Mojokerto. Setelah melihat hasil penelitian ini, maka pemberian health education dengan metode tarian tepung selaci puput efektif terhadap perilaku cuci tangan pada anak
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskah melalui jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan pengelola Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan hak utama publikasi dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan dibawah Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal yang dipublikasikan di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan