DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE DALAM PENURUNAN PRODUKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Pendahuluan : Perkembangan smartphone menimbulkan berbagai dampak perubahan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Smartphone tidak hanya menjadi alat komunikasi namun berkembang menjadi alat yang dapat memberikan edukasi dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kecanduan smartphone terhadap penurunan produktivitas belajar. Metode : Penelitian ini menggunakan desain observational analytic dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan pengambilan simple random sampling sebanyak 53 siswa SMP. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden yang mengalami kecanduan smartphone sebesar 43,4% dan responden yang mengalami penurunan produktivitas belajar sebesar 39,6%. Ada hubungan yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan produktifitas belajar dengan nilai odds ratio 11,429 yang berarti siswa yang mengalami kecanduan smartphone akan mengalami produktivitas belajar 11,429 kali lebih rendah dibandingkan siswa yang tidak kecanduan. Kesimpulan : Guru harus membina siswa dengan memberikan nasehat terhadap siswa. Orang tua mendidik anak dengan memberikan perhatian dan kasih sayang sehingga siswa mampu mengatasi masalah kecanduan smartphone.