EDUKASI DAN SOSIALISASI KOMPREHENSIF APLIKASI MOBILE JKN UNTUK PENINGKATAN AKSESIBILITAS DAN PENGETAHUAN LAYANAN KESEHATAN
Main Article Content
Abstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan bertujuan menyediakan perlindungan jaminan sosial kesehatan merata bagi seluruh warga negara Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami optimalisasi aplikasi Mobile JKN, sehingga berpotensi menghambat akses dan kualitas layanan JKN. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan partisipasi aktif masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Desa Kranjan, Bantengan, Wungu, Madiun, dalam memahami program JKN dan aplikasi Mobile JKN. Kegiatan yang dilaksanakan pada 17 Mei 2025 ini melibatkan 35 peserta dan menggunakan metode penyampaian materi, demonstrasi langsung, serta pendampingan individual oleh mahasiswa dalam proses registrasi. Tantangan yang dihadapi antara lain peserta tidak membawa KTP dan ketiadaan pulsa untuk verifikasi SMS. Meskipun demikian, tingkat pemahaman peserta mencapai 90%. Inisiatif ini diharapkan dapat menyederhanakan dan mempercepat prosedur administrasi kesehatan serta meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan Kesehatan