ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PENDIDIKAN SEKS USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan seks merupakan pendidikan mengenai seksualitas yang pada dasarnya sama seperti pendidikan yang lain. Pendidikan tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar jenis kelamin.Orang tua diharuskan memberikan pendidikan seks yang sesuai karena hal ini dipandang sebagai salah satu upaya yang dapat mencegah terjadinya kekerasan seks pada anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap siswa tentang pendidikan seks usia dini Kelas 2 di SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 28 responden.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menggunakan analisis uji statistik Chi Square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 atau 95%. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 < α = 0,05. Sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap tentang pendidikan usia dini, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Siswa yang mempunyai pengetahuan baik tentang pendidikan seks usia dini maka mereka akan cenderung mempunyai sikap positif (kecenderungan menghindari perilaku seksual pranikah). Sebaliknya siswa yang kurang pengetahuannya tentang pendidikan seks usia dini cenderung mempunyai sikap negative. Guna mencegah dan meminimalkan kejadian kekerasan seks pada anak salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan seks. Pendidikan seks usia dini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua maupun anak dimana hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang tua