PERSEPSI PASIEN MENGENAI PERILAKU CARING PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP

  • Mega Arianti Putri Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Anas Tasia Eko Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Priyoto Priyoto Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
Keywords: Caring, Persepsi Pasien, Perawat

Abstract

Rumah sakit berupaya memberikan mutu pelayanan terbaik sebagai penentu kepuasan pasien. Perilaku caring perawat menjadi salah satu indikator mutu pelayanan suatu rumah sakit yang diterima oleh masyarakat. Perilaku caring adalah esensi dari keperawatan yang membedakan perawat dengan profesi lain. Caring merupakan hal yang utama dalam praktik keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat di instalasi rawat inap. Desain penelitian adalah deskriptif eksploratif. Sampel dari penelitian ini adalah pasien rawat inap sejumlah 44 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% responden memiliki persepsi tinggi terhadap perilaku caring perawat. Perawat direkomendasikan untuk mempertahankan dan terus meningkatkan perilaku caring yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit

Published
2022-07-31
How to Cite
Putri, M. A., Eko, A. T., & Priyoto, P. (2022). PERSEPSI PASIEN MENGENAI PERILAKU CARING PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP. Jurnal Keperawatan, 15(2), 20-27. Retrieved from http://lppmdianhusada.ac.id/e-journal/index.php/jk/article/view/212