HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SISWA SISWI KELAS IV DAN V DI SEKOLAH DASAR NEGERI BUKUR KABUPATEN MADIUN

  • Asasih Villasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Fitria Yuliana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
Keywords: Lama penggunaaan gadget, Prestasi belajar

Abstract

Lama penggunaan gadget dapat mempengaruhi pada prestasi belajar pada anak sekolah dasar karena pertumbuhan dan peerkembangan mulai dari bayi sampai lanjut usia memiliki pemahaman yang berbeda. Pada zaman sekarang anak sekolah dasar sudah sering main gadget dan orang tua kurang memberikan perhatian kepada anaknya sehingga prestasi belajar menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada anak siswa siswi kelas IV dan V di SDN Bukur Kabupaten Madiun.   Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian sejumlah 41 responden dengan teknik simple random sampling. Uji statistik menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan lama penggunan gadget yang rata-rata 4,50 jam dan prestasi belajar rata-rata 82,96. Hal ini sesuai dengan bahwa p-value = 0,293 > 0,05 artinya H0 diterima berarti tidak ada hubungan lama penggunan gadget dengan prestasi belajar pada siswa di sekolah dasar. Dalam penelitian ini belajar di rumah selama 2 jam dan pada waktu belajar malam mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB pada saat proses belajar diharapkan tanpa menggunakan gadget. Sehingga lama penggunaan gadget tidak berpengaruh pada prestasi belajar dan disarankan kepada orang tua untuk lebih meningkatkan proses belajar anak dan lebih memperhatikan anaknya.

Published
2021-01-31
How to Cite
Villasari, A., & Yuliana, F. (2021). HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SISWA SISWI KELAS IV DAN V DI SEKOLAH DASAR NEGERI BUKUR KABUPATEN MADIUN. Jurnal Keperawatan, 14(1), 8. Retrieved from http://lppmdianhusada.ac.id/e-journal/index.php/jk/article/view/134