PENINGKATAN PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK KEPADA REMAJA MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP

  • Adhin Al Kasanah Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Dian Anisia Widyaningrum Program Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
Keywords: remaja, merokok, peer education

Abstract

Remaja merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya. Salah satu perilaku tidak sehat yang paling banyak terjadi pada remaja adalah merokok. Remaja dengan kebiasaan merokok memiliki resiko penurunan dalam pencapaian akademik, masalah kesehatan dan beresiko mencoba hal-hal negatif yang dapat memberikan kenikmatan seperti alkohol, narkoba, psikotropika dan zat-zat adiktif lainnya. Salah satu metode yang efektif untuk peningkatan pengetahuan di kalangan remaja adalah peer education. Pembelajaran peer education/peer group learning dibuat dalam satu kelompok belajarnya sehingga siswa akan terus termotivasi untukberinteraksi dari awal sampai akhir kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa remaja mengenai bahaya merokok melalui metode peer education. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target sasaran. Luaran yang diharapkan dalam pengabdian masyarakat ini dapat tercapai yaitu dengan indikator meningkatnya tingkat pengetahuan remaja mengenai bahaya merokok

Published
2021-07-31
How to Cite
Kasanah, A. A., & Widyaningrum, D. A. (2021). PENINGKATAN PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK KEPADA REMAJA MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP. Jurnal Bhakti Civitas Akademika, 4(2), 29-34. Retrieved from http://lppmdianhusada.ac.id/e-journal/index.php/jbca/article/view/178