ACADEMIC ENGAGEMENT MAHASISWA KEPERAWATAN; LITERATURE REVIEW
Main Article Content
Abstract
Salah satu langkah mendasar untuk membantu mahasiswa keperawatan mencapai keberhasilan akademik dan kinerja akademik yang lebih baik adalah dengan meningkatkan keterlibatan mahasiswa selama tahun akademik atau selama mahasiswa menempuh program pendidikan keperawatan. Keterlibatan mahasiswa menjadi faktor penting karena hal ini akan membantu mahasiswa keperawatan berkembang menjadi perawat yang lebih kompeten. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang sudah pernah dikerjakan oleh peneliti sebelumnya mengenai gambaran dari academic engagement mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review. Artikel ditentukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, artikel yang didapat dan direview dan diperoleh dari database yaitu google scholar dan PubMed (2017 – 2022). Strategi pencarian dan istilalah yang digunakan dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut Academic Engagement AND Student of Nursing. Hasil penelitian menunjukkan gambaran academic engagement dan psycap menjanjikan dalam hal memprediksi dan mempromosikan kinerja akademik dengan memasukkan faktor-faktor psikologis seperti ini ke dalam kriteria pemilihan perguruan tinggi
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskah melalui jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan pengelola Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan hak utama publikasi dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan dibawah Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal yang dipublikasikan di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan